5 Tips Merawat Kendaraan Setelah Melakukan Road Trip, Wajib Kamu Tahu!

5 Tips Merawat Kendaraan Setelah Melakukan Road Trip, Wajib Kamu Tahu!

5 Tips Merawat Kendaraan Setelah Melakukan Road Trip, Wajib Kamu Tahu!

Artikel ini akan memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana cara merawat mobil Anda setelah melakukan perjalanan jarak jauh atau road trip yang melelahkan. Perjalanan jarak jauh dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan, tetapi juga bisa memberikan tekanan pada kendaraan Anda. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai tips praktis yang dapat membantu Anda merawat mobil Anda dan memastikan kenyamanan serta keamanan berkendara di masa mendatang.

Kami akan membahas aspek-aspek penting seperti pemeriksaan rutin setelah perjalanan, perawatan eksterior dan interior, serta cara menghindari potensi masalah teknis yang dapat muncul setelah perjalanan panjang. Selain itu, kami juga akan membahas bagaimana menjaga kenyamanan pengendara dan penumpang dengan membersihkan interior mobil, serta memberikan saran praktis tentang bagaimana mengatasi kelelahan pengemudi setelah berjam-jam di jalan.

Road trip adalah perjalanan jarak jauh yang biasanya dilakukan dengan menggunakan mobil. Rute pada saat road trip melibatkan perjalanan melewati berbagai tempat menarik, kota, dan pemandangan alam yang berbeda. Tujuan dari road trip bisa beragam, mulai dari wisata alam, kunjungan ke kota-kota bersejarah, hingga menjelajahi kawasan pedesaan yang indah.

Selama road trip biasanya kita membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan dalam perjalanan yaitu pakaian, makanan, minuman, serta peralatan darurat dan hiburan. Beberapa orang ada memilih untuk tidur di area parkir SPBU atau menginap di hotel-hotel kecil yang ada di tiap kota dan melanjutkan perjalanannya besok hari.

Namun seringkali pada saat kita telah selesai melakukan road trip ini kita melupakan sesuatu yaitu mengecek kendaraan yang kita pakai karena setelah perjalanan kita merasa kelelahan, lalu pada saat kita ingin memakai kendaraan tersebut terjadi kendala yang tak diduga dan menyebabkan tersitanya waktu kita pada saat ingin bepergian kembali.

5 Tips Merawat Kendaraan

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips mengecek dan merawat mobil setelah melakukan road trip yang dibagikan oleh PT HMID:

1. Menjaga Kebersihan Interior

Saat perjalanan jauh, seringkali kita makan dan minum di dalam mobil yang mungkin dapat mengotori atau meninggalkan bau di kabin kendaraan. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi konsumen untuk membersihkan interior secara menyeluruh dengan memvakum kendaraan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan di dalam kabin.

2. Cek Kondisi Oli

Saat melakukan road trip, mobil bisa menempuh perjalanan sejauh ribuan kilo selama pulang-pergi. Jadi, ada baiknya konsumen mengecek kondisi oli setelah perjalanan dan menggantinya bila diperlukan. Dengan begitu, performa kendaraan akan tetap terjaga untuk memenuhi kebutuhan berikutnya.

3. Cek Kondisi Rem dan Ban

Selama perjalanan jauh, rem mobil tentunya akan sering digunakan. Karena itu, rem dan ban dapat mengalami aus berlebih karena beban kerja yang lebih berat. Maka dari itu, sebaiknya konsumen mengecek kampas, rotor, maupun minyak rem dan melakukan penggantian bila diperlukan. Cek juga tekanan ban dengan mengacu pada panduan di sela pintu pengemudi dan pastikan ban masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) yang tersedia pada beberapa jenis ban.

4. Cek Keselarasan Kaki-kaki

Selama road trip, tak jarang kita menghadapi kondisi jalan yang kurang dan mengangkut beban berlebih. Ini membuat komponen kaki-kaki seperti shockbreaker bekerja ekstra sehingga bisa cepat aus. Maka dari itu, konsumen perlu memastikan shockbreaker tidak mengalami kebocoran. Untuk itu, pengendara disarankan untuk melakukan spooring and alignment agar roda dan kaki-kaki tetap aman dan nyaman untuk berkendara.

5. Merawat Eksterior Mobil

Cuci mobil menjadi perawatan setelah melakukan road trip berikutnya yang tak boleh luput oleh konsumen setelah road trip untuk menjaga tampilan eksterior. Bagi pemilik mobil yang memiliki warna matte, pastikan bilas sisa kotoran terlebih dulu dengan air sebelum mencuci. Hindari penggunaan sikat kasar saat cuci manual, memilih mode scratch & gloss saat cuci otomatis, serta melakukan cuci uap dan perawatan lilin. Tidak disarankan juga untuk memakai polish (wax), compound (abrasif), dan paint cleaner (pembersih cat).


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *