Indonesia Tembus Ekspor Mobil Ke 90 Negara di Seluruh Dunia

Indonesia Tembus Ekspor Mobil Ke 90 Negara di Seluruh Dunia

Indonesia Tembus Ekspor Mobil Ke 90 Negara di Seluruh Dunia

Indonesia Tembus Ekspor Mobil – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkap ekspor mobil buatan dalam negeri selama delapan bulan pada tahun ini sudah mencapai 337 ribu unit, naik 18 persen dari periode sama tahun lalu. Negara target ekspor sejauh ini dikatakan sudah lebih dari 90 negara. “Kami mengekspor ke lebih dari 90 negara di dunia, bukan hanya ke negara berkembang saja,” ungkap Yohannes Nangoi, Ketua Gaikindo, Selasa (26/9), diberitakan Antara. Pada tahun ini target ekspor mobil CBU sebesar 500 ribu unit.

Target ini diprediksi bakal tercapai sebab cuma naik sedikit dari hasil 2022 sebanyak 473 ribu unit. Nangoi mengatakan Indonesia akan menjadi pengekspor mobil besar di dunia yang ditargetkan menjadi 1 juta unit pada 2027. Dia juga bilang masa depan produksi mobil di dalam negeri diarahkan ke kendaraan ramah lingkungan, salah satunya yang bertenaga listrik guna mendukung rencana pemerintah mengurangi emisi karbon. “Kita sudah mempunyai tren di Indonesia yang sebenarnya akan menuju mobilitas ramah lingkungan. Kami memiliki langkah-langkah untuk menuju ke sana,” kata Nangoi.

Baca juga : Toko Ban Roda Roda Plus Dibuka di Jalan Magelang

Selain elektrifikasi, mobil-mobil di Indonesia yang berbasis mesin pembakaran dalam saat ini juga telah bergerak ke teknologi ramah lingkungan, misalnya menyesuaikan ambang batas emisi Euro 4. Pemerintah sebelumnya juga sudah menyatakan ingin mempercepat peralihan ke Euro 5 atau langsung loncat ke Euro 6. Walau begitu dia mengingatkan produsen otomotif di Indonesia tidak memproduksi bahan bakar sendiri jadi kata dia perlu dukungan pihak pemerintah yang merupakan produsen bahan bakar. Kinerja ekspor mobil utuh alias completely built up (CBU) dari Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup positif. Bahkan, sepanjang Januari hingga Agustus 2023, pengiriman kendaraan roda empat Tanah Air meningkat 18 persen.

Indonesia Tembus Ekspor Mobil ke Seluruh Dunia

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor mobil CBU mencapai 337.312 unit, atau naik 18 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 285.933 unit. Dilihat dari detail produsen yang menyumbang kontribusi ekspor di Indonesia, PT Astra Daihatsu motor (ADM) yang berhasil mengirim sebanyak 109.501 unit atau naik 13,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya 96.270 unit. Sementara itu, pabrik kedua yang menyumbang ekspor mobil terbanyak adalah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan pencapaian sebanyak 82.052 unit atau turun 7,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 88.707 unit.

Sedangkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKSI) sebanyak 56.433 unit atau naik 59,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 35.336 unit. Posisi selanjutnya, adalah PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMID) dengan penjualan sebanyak 35.518 unit atau naik 53,6 persen dibanding 23.130 unit pada Januari hingga Agustus 2022. Posisi kelima, ada PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dengan ekspor sebanyak 28.892 unit, dan PT Honda Prospect Motor (HPM) yang berhasil mengkapalkan sebanyak 18.484 unit. Penjualan mobil di Indonesia terus mengalami peningaktan pasca pandemi Covid-19.

Tidak hanya pertumbuhan di dalam negeri, tapi juga pasar luar negeri alias ekspor.  Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan, pertumbuhan sektor otomotif pada kuartal II sebesar 9,66 persen dan di atas pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut, didasari dengan produktivitas pameran serta pabrikan yang melihat peluang di pasar dalam negeri serta ekpsor. “Hingga Agustus 2023, ekspor kami sudah mencapai 337 ribu unit, melampaui tahun lalu sebesar 285 ribu unit,” ujar Taufiek, disitat dari Antara, ditulis Kamis (21/9/2023).


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *